Cara Menjadikan HP Android sebagai Modem untuk PC

ControlSift - Internet merupakan kebutuhan utama yang digunakan pada perangkat HP seluler, Laptop, Tablet, PC Komputer, smartphone, dll. Apalagi untuk HP berbasis Android sudah pasti harus Wifi aktif atau Paket Data menyala untuk konektivitas. Tentu agar kita dapat terhubung dengan Internet dibutuhkan media hardware untuk membuat konektifitas jaringan WAN ( World Area Network ) ini. Namun untuk PC, agar kita dapat internetan dibutuhkan Modem. Lalu bagaimana cara menjadikan hp android sebagai Modem untuk PC ? Berikut ini pembahasan cara singkat dan tutorialnya ya kawan.

android modem for pc

Bila anda tertarik untuk menggunakan ponsel sebagai penyedia internet, tentu cara membuat hp android menjadi modem bisa kita gunakan agar dapat digunakan secara bersama-sama dalam beberapa perangkat terhubung. Menjadikan hp sebagai modem atau lebih cocok dikatakan sebagai WiFi ( Wireless Network ) merupakan fitur yang sudah disediakan.

Ponsel sebenarnya juga dapat difungsikan sebagai perangkat modem, termasuk handphone yang menggunakan operating system Android, Blackberry,Iphone, dll. Anda bisa men-setting ponsel Android Anda menjadi sebuah perangkat modem untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet Anda menggunakan komputer. Memanfaatkan ponsel sebagai modem biasanya dilakukan oleh sebagian orang yang belum memiliki modem USB atau merasa tertarik untuk mencoba kinerja Android saat difungsikan sebagai modem. 

Untuk bisa menggunakan handphone Android menjadi alat modem juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Untuk mengalihfungsikan ponsel Android Anda menjadi perangkat modem hanya membutuhkan dua perangkat tambahan, yaitu kabel USB atau kabel data, dan driver USB. Cara yang pertama yakni dengan metode langsung, tanpa USB konektor. Syaratnya, anda harus berada di area wifi atau hotspot. Kemudian, bukalah menu pengaturan di ponsel Android anda, lalu pilih Nirkabel dan Jaringan dengan logo pemancar signal. Setelah diklik, di layar ponsel anda akan keluar beberapa pengaturan nirkabel dan jaringan. Dalam hal ini, pilihlah yang menyediakan fungsi berbagi koneksi data mobile phone. 

Bila anda menggunakan Android jenis Gingerbread, maka fungsi tersebut dapat ditemukan di menu tathering dan portable hotspot. Setelah memilihnya, akan muncul tiga pilihan lagi dan yang harus anda klik adalah bagian hotspot wi-fi portable. Setelah mencetang kotak di sebelah kanan tulisan, maka anda telah menyelesaikan cara membuat android menjadi modem dan aktivitas selancar di dunia maya siap dilakukan. Setelah keduanya Anda siapkan, maka Anda sudah bisa mulai melakukan langkah-langkah instalasi/konfigurasi.

Berikut panduan cara membuat modem menggunakan smartphone Android, semoga tutorial dan tricks dibawah ini cukup jelas, dan bisa dipahami.

Persiapan setting hp Android menjadi modem:
  1. Siapkan kabel USB untuk menghubungkan handphone ke komputer.
  2. Pengaturan koneksi internet pada ponsel Android Anda harus dalam keadaan aktif, dan siap digunakan (memiliki pulsa/paket internet).

Langkah-langkah instalasi hp Android menjadi modem untuk komputer :
  1. Tahap Pertama, Silakan install driver USB (USB driver for mobile phones). Sesuaikan dengan merk hp Android Anda.
  2. Kemudian , Mari kita Sambungkan kabel USB dari handphone ke komputer. (Pastikan sambungan antara komputer dan handphone via kabel USB sudah tidak ada masalah).
  3. Lalu, Carilah tombol Pengaturan atau Setting pada handphone.
  4. Selanjutnya Pilihlah menu Nirkabel dan Jaringan, kemudian silakan pilih Tethering dan Portable Hotspot.
  5. Silakan pilih dan centang pada menu Penambahan USB.
  6. Silakan menunggu terlebih dahulu hingga ponsel Android Anda memunculkan Tethering, tunggulah komputer Anda tersambung ke internet melalui ponsel.
  7. Coba perhatikan pada tanda jaringan di komputer Anda, apakah sudah tersambung ke internet.
  8. Apabila belum tersambung, lakukan restart ponsel dan komputer, kemudian ikuti langkah-lagkah diatas mulai dari awal sampau komputer Anda berhasil tersambung dengan ponsel Anda.
Demikian tutorial android tentang Cara Menjadikan HP Android sebagai Modem untuk PC semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menjadikan HP Android sebagai Modem untuk PC"

Post a Comment

Tambahkan komentar anda